PhD Tips #4: Pentingnya bersinergi!

Memang perjalanan dan perjuangan sebagai seorang PhD student seringnya penuh dengan kesendirian. Kita sendirilah yang harus menjalaninya. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk bertemu dan bersinergi dengan orang lain. Yang paling dekat tentu saja supervisor atau profesor kita. Mereka adalah orang-orang yang membimbing kita selama perjuangan kita untuk menyelesaikan penelitian. Mereka biasanya adalah senior lecturer atau guru besar yang sudah lama mengajar, mengetahui teknik membimbing, dan network yang luas. Terkadang memang mereka juga adalah orang-orang yang sibuk. Kita mau bertemu saja susah. Tetapi mari kita fokus pada kelebihannya yang harus dapat kita manfaatkan: bimbingannya, masukannya, dan network yang dimilikinya.

Orang lain yang mungkin kita temui adalah para ahli atau professional di lapangan. Dari merekalah kita membutuhkan data-data penelitian. Mereka bisa saja masih bekerja atau sudah pensiun karena usia. Kita juga harus dapat bersinergi dengan para expert ini. Merekalah sumber data penelitian kita di bidang ini. Kelebihan yang harus dapat kita manfaatkan: pengalaman, data, dan network mereka. Yah, walaupun terkadang kita harus mendengar cerita lama yang sama.

Terakhir adalah mahasiswa PhD yang lain. Untuk penelitian tertentu, kita perlu berkolaborasi dengan mahasiswa PhD lainnya. Mahasiswa PhD ini punya karakter yang bermacam-macam. Biasanya kalau masih baru (tahun pertama), mereka masih penuh semangat. Sedangkan kalau sudah tahun-tahun berikutnya (mahasiswa lama), mereka sudah memiliki banyak kesibukan lain atau tidak terlalu bersemangat dengan penelitian. Ini juga merupakan tantangan bagi kita. Bagaimana caranya untuk bersinergi dengan mahasiswa baru dan lama apabila kita melakukan collaborative research? Manfaatkan energi dari mahasiswa baru dan pengalaman ataupun data dari mahasiswa lama.

Sinergi menjadi penting bagi kita dalam menyelesaikan perjalanan panjang ini. Memahami dan mempercayai kelompok kita menjadi penting untuk memaksimalkan apa yang dapat dihasilkan oleh kelompok. Komunikasi, motivasi, dan saling percaya menjadi penting dalam kerja tim. Semoga saja lika-liku jalan panjang ini tidak terlalu banyak.

 

Berjuanglah dengan penuh semangat!

Leave a comment