PhD Tips #5: Fokus Pada Proses! Itu yang paling penting!

img_0869.jpg

Banyak orang yang percaya hasil lebih utama daripada proses. Mungkin untuk mereka yang bekerja atau memiliki profesi baik sebagai seorang karyawan, entrepreneur, atau project manager, hal ini adalah benar. Bahwa HASIL lebih penting daripada PROSES. Tetapi sebagai seorang mahasiswa – baik itu mahasiswa S1 ataupun S3, saran saya berfokuslah pada PROSES.

Meskipun tujuan akhir dari seorang mahasiswa adalah menyelesaikan studi, tetapi ternyata itu bukanlah hal terpenting. Sejak saya mengajar dan menjadi dosen, saya semakin memahami bahwa proses-lah yang utama. Proseslah yang menentukan apakah seorang mahasiswa dapat memahami dengan benar konsep dari ilmu yang sedang dipelajarinya. Proses jugalah yang menempa seorang mahasiswa untuk dapat berupaya terbaik dan tidak mencari jalan instan yang mudah.

Apabila kita tidak dapat memahami dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, maka belajarlah! Hari pertama, minggu pertama, bulan pertama mungkin kita merasa kemajuan kita sangat lamban. Tetapi itu adalah proses yang harus dilalui. Kita memiliki tujuan akhir – bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Dan kita berusaha setiap saat untuk mencapai tujuan itu. Tidak hanya dengan berlatih tata bahasa, menulis, mendengar, dan sebagainya. Kalau kita mementingkan proses, kita akan berusaha untuk membuatnya lebih enjoy untuk dilakukan, misalnya mendengarkan musik asing, menulis cerpen berbahasa asing, membaca novel asing, dll.

Inilah yang saya maksud dengan berfokus pada proses. Daripada berfokus pada menyelesaikan studi S3, berfokuslah untuk menjadi lebih baik dalam melakukan aktifitas kita setiap harinya. Artinya menjadi seorang pencari jurnal yang lebih baik setiap harinya, menjadi seorang pembaca jurnal yang lebih baik setiap harinya, menjadi penulis yang lebih baik setiap harinya, melakukan eksperimen dengan lebih baik setiap harinya, atau menjadi seorang penyaji yang lebih baik setiap harinya.

Dengan demikian pada akhirnya juga apa yang dicita-citakan akan tercapai dengan sendirinya.

 

Berjuanglah dengan penuh semangat!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s