Pembatasan Pemanfaatan Dokumen Kontrak Konstruksi

Pemanfaatan dokumen menjadi salah satu klausul penting dalam pelaksanaan administrasi proyek konstruksi. Hal ini terkait dengan isu kerahasiaan (confidentiality). Secara umum dokumen-dokumen dalam pelaksanaan proyek konstruksi berasal dari 2 (dua) sumber, yaitu dokumen yang dibuat oleh pemilik proyek atau wakilnya dan dokumen yang dibuat oleh kontraktor atau wakilnya.

Untuk dokumen-dokumen pelaksanaan proyek konstruksi yang dibuat oleh dan atas nama pemilik proyek, maka pemilik proyek memiliki hak cipta (copyright) dan hak-hak intelektual terkait lainnya. Kontraktor diperkenankan untuk menggunakan dokumen-dokumen tersebut untuk kepentingan pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Contohnya adalah spesifikasi teknis dan gambar konstruksi. Kontraktor tidak diperbolehkan memperbanyak, menggunakan atau mengkomunikasikannya kepada pihak ketiga tanpa persetujuan pemilik proyek.

Hal ini sedikit berbeda dengan dokumen-dokumen yang dibuat oleh dan atas nama kontraktor. Kontraktor tetap memiliki hak cipta dan hak-hak intelektual terkait lainnya tetapi dengan menandatangani kontrak maka kontraktor dianggap telah memberikan sebuah ijin – yang bersifat tidak dapat diakhiri, dapat dipindahtangankan, tidak eksklusif, dan bebas royalti, kepada pemilik proyek untuk memperbanyak, menggunakan dan mengkomunikasikannya kepada pihak lain. Lebih jauh lagi, kontraktor harus memegang prinsip kerahasiaan untuk tidak membocorkan informasi apapun terkait pelaksanaan proyek konstruksi meskipun bukan berupa dokumen tertulis.

—– dikutip dari buku MANAJEMEN KONTRAK KONSTRUKSI – Pedoman Praktis dalam Mengelola Proyek Konstruksi oleh Seng Hansen, Gramedia (Mei 2015)

manajemen kontrak konstruksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s