Penerbitan Buku Perdana Seri Manajemen Konstruksi: “Manajemen Kontrak Konstruksi – Pedoman Praktis dalam Mengelola Proyek Konstruksi”

IMG_3896

Akhirnya buku yang saya beri judul “Manajemen Kontrak Konstruksi” terbit di Indonesia. Buku ini merupakan hasil dari segala jerih payah dan tentu saja dukungan orang-orang terdekat saya. Memang tidak mudah untuk menulis sebuah buku. Kegiatan merangkai kata dan memadu-madankan setiap kalimat selalu menjadi tantangan tersendiri bagi penulis. Ide penulisan buku ini sudah muncul sejak saya menyelesaikan program magister di UTM (tahun 2012). Tetapi berbagai kegiatan dan pekerjaan sempat menyita waktu untuk menyelesaikan buku ini. Kalau hendak ditanya apa rahasianya sehingga saya dapat menyelesaikan buku ini, saya kira hampir semua penulis akan menjawab ketekunan dan kebulatan tekad! Ya, dengan ketekunan dan tekad yang bulatlah akhirnya buku ini berhasil saya selesaikan pada Februari 2015.

Penulisan buku ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan fundamental terkait manajemen kontrak konstruksi. Tetapi tentu saja buku setebal 255 halaman ini masih tidak dapat menjelaskan secara rinci segala isu dari pelaksanaan dan pengelolaan kontrak konstruksi. Oleh karena itu, buku ini lebih berfungsi sebagai pedoman praktis bagi para profesional dalam mengelola kontrak konstruksi. Terdapat 27 bab di dalam buku ini, yaitu:

  1. Pendahuluan – Industri Konstruksi & Para Pihak
  2. Sejarah dan Sistem Hukum Kontrak Konstruksi
  3. Bentuk-Bentuk Kontrak Konstruksi
  4. Prinsip Dasar Berkontrak (membahas asas kebebasan berkontrak, validasi kontrak, komunikasi kontrak, pembentukan kontrak, berakhirnya kontrak, dll)
  5. Aspek-Aspek Dalam Kontrak Konstruksi
  6. Kronologi Kontrak Konstruksi
  7. Tender (membahas periode tender, metode tender, dokumen tender, proses tender)
  8. Dokumen Kontrak (membahas prioritas dokumen, BOQ, gambar konstruksi, spesifikasi, peraturan standar bangunan, pembatasan penggunaan dokumen)
  9. Konsultan MK (membahas peran ganda MK, tanggung jawab MK, instruksi MK)
  10. Administrasi Kontrak (membahas hubungan kontraktual, pemilikan atas lapangan, rapat-rapat, program kerja, pelaporan, biaya prelim dan contingency, biaya overhead, dll)
  11. Waktu (membahas aspek waktu dalam kontrak konstruksi antara lain: keterlambatan pekerjaan, perpanjangan waktu pelaksanaan, time at large, penundaan pekerjaan, jenis-jenis keterlambatan, dll)
  12. Pembayaran (membahas aspek pembayaran dalam kontrak konstruksi antara lain: uang muka, sertifikat pembayaran, skedul pembayaran, keterlambatan pembayaran, dll)
  13. Kualitas Pekerjaan (membahas aspek mutu dalam kontrak konstruksi)
  14. Perubahan Pekerjaan (membahas prosedur perubahan pekerjaan, pembatasan perubahan, dll)
  15. Penyesuaian Harga Kontrak
  16. Klaim Konstruksi (membahas berbagai jenis klaim, prosedur klaim, dll)
  17. Masa Pemeliharaan
  18. Asuransi dan Obligasi
  19. Keadaan Kahar (Force Majeure)
  20. Subkontraktor
  21. Pengakhiran Kontrak
  22. Serah Terima Pekerjaan
  23. Perbuatan Melawan Hukum
  24. Penyelesaian Sengketa Konstruksi (membahas berbagai alternatif penyelesaian sengketa konstruksi)
  25. Pembuatan Kontrak (Contract Drafting)
  26. Resiko dalam Kontrak Konstruksi
  27. Tren Kontrak Konstruksi

Beberapa topik di atas memang tidak dijelaskan secara mendalam. Hal ini karena saya berpendapat bahwa lebih baik topik-topik tersebut dibuat dalam judul tersendiri sehingga penjabarannya akan lebih terarah dan mendalam. Beberapa kerangka awal penulisan untuk topik-topik tersebut sudah saya buat. Tetapi tentu saja dibutuhkan waktu sampai saya siap menerbitkan buku selanjutnya – yang masih di dalam ranah Manajemen Konstruksi.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga saya, yang menjadi motivasi saya untuk menyelesaikan buku ini. Terima kasih pula untuk Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia yang telah memberikan beasiswa magister bagi saya (2011-2012) dan kepada teman-teman seperjuangan saya selama di UTM; kepada Waskita Karya yang telah memberikan ijin tugas belajar dan tempat saya menimba berbagai pengalaman; dan tentu saja kepada para pembaca yang telah sudi membeli dan membaca buku ini. Semoga buku ini membawa manfaat bagi kita semua.

3 Mei 2015

Hansen

Leave a Reply

