FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BIAYA SELAMA PELAKSANAAN KONSTRUKSI

Pekerjaan konstruksi merupakan pekerjaan yang menuntut banyak sumber daya baik material, peralatan maupun tenaga kerja. Penjumlahan semua pengeluaran akibat pemanfaatan sumber daya ini menentukan total biaya konstruksi yang diperlukan untuk mewujudkan sebuah proyek yang telah diidamkan. Perencanaan yang baik termasuk perencanaan biaya konstruksi akan sangat menentukan jumlah total biaya konstruksi yang harus dikeluarkan oleh pemilik proyek maupun kontraktor selaku pelaksana.

Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang dapat dianalisa yang mempengaruhi biaya selama pelaksanaan konstruksi. Akibat dari ketidakmampuan mengelola biaya konstruksi dengan baik ini akan menyebabkan biaya konstruksi yang membengkak dan (bisa jadi) menurunnya kualitas pekerjaan.

Apa sajakah faktor-faktor tersebut?

1. Manajemen Proyek yang buruk

Manajemen proyek sangat tergantung pada kecakapan pemimpin/kepala proyek dan tim manajemen proyek di bawahnya. Hal ini dikarenakan setiap kebijakan pemimpin/kepala proyek dan timnya akan mempengaruhi setiap biaya yang dikeluarkan untuk terlaksananya pekerjaan. Bahkan sebuah proyek dengan potensi keuntungan yang baik dapat menjadi bunting apabila dikelola dengan manajemen proyek yang buruk. Ada 5 poin penting yang menjadi ciri khas manajemen proyek yang buruk:

  1. Kurangnya perencanaan dan koordinasi
  2. Kurangnya komunikasi antara sesama tim proyek maupun dengan pihak lain terkait
  3. Gagal mengidentifikasi permasalahan proyek
  4. Gagal beradaptasi dengan perubahan-perubahan
  5. Kurangnya pengendalian atas biaya dan pengendalian lainnya

2. Perubahan Desain

Perubahan desain dapat terjadi akibat banyak hal. Entah itu perubahan akibat permintaan pemilik proyek atau perubahan lainnya, perubahan desain ini akan mempengaruhi perubahan spesifikasi dan biaya, termasuk pula waktu pelaksanaan.

3. Kondisi bawah tanah yang tidak diharapkan

Siapa yang dapat memastikan kondisi bawah tanah tempat lokasi pekerjaan akan dilaksanakan. Penyelidikan lokasi dan pemetaan kondisi bawah tanah dapat dilakukan sebisa mungkin dengan pengujian tanah atau teknik dokumentasi lainnya. Tetapi kondisi aktual bawah tanah tetap tidak dapat dipastikan. Untuk itu selalu ada kemungkinan perubahan desain akibat kondisi bawah tanah yang tidak diharapkan.

4. Inflasi

5. Kekurangan supplai material maupun peralatan

Selama pelaksanaan konstruksi, bisa saja terjadi kekurangan supplai material maupun peralatan pada waktu-waktu tertentu. Memprediksi waktu-waktu tersebut akan menjadi sangat penting untuk menekan biaya transportasi dan biaya lain yang seharusnya tidak perlu terjadi.

6. Nilai tukar mata uang

Nilai tukar mata uang akan mempengaruhi biaya item-item pekerjaan yang berasal dari luar negeri/barang impor.

7. Partner yang tidak bagus

Pemilihan kontraktor yang tidak cakap atau pemilik proyek yang tidak memiliki kemampuan pendanaan yang memadai akan sangat mempengaruhi biaya konstruksi. Pemilihan kontraktor untuk proyek-proyek besar tentu akan melalui sebuah proses pemilihan/tender yang bertahap. Demikian pula dengan pemilihan subkontraktor atau supplier oleh kontraktor utama. Mengingat keterkaitan semua pihak akan sangat mempengaruhi total biaya pekerjaan, pemilihan partner yang baik menjadi sebuah keharusan.

8. Force majeure

Force majeure sering juga disebut “Acts of God” termasuk diantaranya adalah peperangan, bencana alam, kerusuhan, kebakaran, gempa bumi, ketidakstabilan politik dan ekonomi.

9. Faktor-faktor lainnya: politis, sosial, perkiraan biaya konstruksi yang salah (under-estimation), dll

 

Mengetahui faktor-faktor di atas akan memberikan kita gambaran untuk selalu waspada selama pelaksanaan konstruksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s