Tips Sukses di Kampus

18. inside of psz

 

Halo semua, good morning.

Sudah lama saya tidak posting tulisan-tulisan di blog ini karena kesibukan saya.

Nah, kali ini saya mau mencoba berbagi tips agar kita (khususnya teman-teman yang masih kuliah) bisa sukses di dunia kampus kita. Bayangkan, rata-rata kita menghabiskan 4 sampai 5 tahun kehidupan kita dengan berada di dunia kampus. Tentunya sosialisasi dan prestasi menjadi salah satu cara untuk bisa bertahan disini. Mungkin beberapa tips berikut bisa dianggap sepele. Tapi semoga tetap bermanfaat bagi teman-teman semua.

#1 Untuk mahasiswa baru, jangan malu-malu. Bersikaplah terbuka dan selalu bertanya. Ada banyak senior yang bersedia membantu kalian. Terutama kalau mau ujian akhir semester, banyak-banyaklah bertanya dan mencari kisi-kisi soal.

#2 Dekat-dekat dengan waktu ujian, carilah soal-soal ujian tahun sebelumnya. Usahakan cari soal yang dibuat oleh dosen yang sama (kalau beda dosennya, kemungkinan kecil soal mirip yang keluar). Cari jawaban soal-soal tersebut.

#3 Pada saat menjawab soal-soal ujian, usahakan jangan terlalu text book. Gunakan kata-kata sendiri dan hasil pemikiran sendiri. Kalau perlu tambahkan “menurut saya….., atau kesimpulan saya adalah …….”. Itu juga dinilai oleh dosennya.

#4 Sering-seringlah ke perpustakaan. Ada banyak waktu luang diantara jam-jam kuliah. Jadi lebih baik digunakan waktu luang sejam-dua jam itu di perpustakaan sambil membaca, mencari-cari soal ujian tahun lalu, atau surfing internet.

#5 Terutama bagi mahasiswa baru, pastinya belum tahu kondisi dan medan tempat kost atau asrama. Bawalah keperluan pribadi dan kalau perlu perlengkapan mandi.

#6 Bawalah air ke dalam kelas, kecuali apabila ada aturan yang melarang hal itu. Sangat penting bagi kita untuk menjaga kadar air dalam tubuh kita selama jam kuliah seharian.

#7 Untuk mahasiswa baru lagi, sebelum pergi meninggalkan keluargamu, buatlah checklist barang-barang apa saja yang perlu kamu bawa dan mana yang bisa kamu dapatkan di daerah kampusmu itu. Beberapa item yang mudah dan penting mending dibawa saja. Beberapa item yang murah mungkin bisa dibeli di daerah dekat kampus.

#8 Coba daftar beasiswa-beasiswa yang ada di kampusmu (menurut pengalaman saya, UGM punya banyak sekali jenis-jenis beasiswa yang bisa kamu apply). Mana tahu dapat, hehe…

#9 Buat pencapaian-pencapaian realistismu. Contohnya minimal IP semester 1 adalah sekian, tidak ada nilai C untuk semua mata kuliah, dll. Kemudian buat jadwal untuk memastikan pencapaianmu.

#10 Sadari kamu tipe pelajar apa. Ada orang yang lebih cepat belajar di pagi hari, ada yang baru bisa lebih nangkap pelajaran di saat kuntilanak baru keluar mencari mangsa. Ada yang tipe pendengar baik, ada pula tipe pembaca yang baik. Sadari itu dan sesuaikan jadwal belajarmu dengan kepribadianmu. Dengan demikian, kamu tidak perlu belajar sepanjang waktu. Ada cukup banyak waktu untuk bersosialisasi.

#11 Ikutlah kegiatan kampus maupun organisasi kepemudaan di luar kampusmu. Mengikuti kegiatan/organisasi kampus penting untuk sosialisasi dengan orang-orang kampus: senior atau juniormu, dosen-dosen pembimbing, dll. Sedangkan mengikuti organisasi non-kampus juga penting untuk sosialisasi di luar kampus dan membentuk kepribadianmu. Tapi ingat, pilihlah organisasi yang memang membuatmu tertarik dan membawa manfaat untuk pengembangan kepribadianmu. Jangan hanya ikut-ikutan teman.

#12 Ada banyak area di kampus yang bisa kamu eksplorasi sebagai tempat belajarmu. Belajar tidak hanya di kamarmu saja.

#13 Jangan lupa sarapan terutama bila kamu punya kelas pagi.

#14 Ketika berada di dalam kelas, jangan ragu-ragu untuk berpartisipasi dengan semua kegiatan di kelasmu. Bentuk kelompok belajar, jawab pertanyaan dosen, aktif berpendapat dll

#15 Ketika hendak mengumpulkan tugasmu, jangan lupa untuk membacanya berulang kali, setidaknya 2x kalau saya. Lakukan revisi kalau memang perlu.

#16 Istirahatlah yang cukup. Kurangi kegiatan yang kurang bermanfaat. Atur jadwal dan prioritasmu.

#17 Bersahabatlah dengan dosen-dosenmu. Sebagai permulaan, cari tahu ruangan dan jadwal mengajar mereka.

#18 Usahakan jangan mengulangi pelajaran (alias jangan sampai gagal pada mata kuliah tertentu). Tapi bila anda mendapatkan berkah nilai C/D/E/F, kemudian anda mengulang kembali mata kuliah itu dan ternyata masih dapat nilai C juga, mending cukup mengulang 2x. Saya pernah mengulang sampai 3x, tapi tetap dapat C. It means that lecture is not for me!

#19 Belilah buku-buku bekas di daerah kampusmu. Biasanya ada banyak toko buku bekas di daerah sekitar kampus. Atau beli dari kakak kelasmu.

#20 Memang sering kita hanya mendengarkan penjelasan dosen di kelas dan terkadang diberi hand-out, tetapi usahakan untuk menuliskan poin-poin penting penjelasan dosen. Ini membantu kita menstimulasi dan merekam penjelasan dosen tersebut.

Nah, cukup 20 tips di atas dan semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Don’t forget to enjoy your campus life and achieve your dreams.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s