Permasalahan Menentukan Produktifitas

Secara ideal, produktifitas sempurna (1,0) diperoleh sebagai pencapaian prestasi kerja selama 40 jam seminggu, dengan masing-masing pekerja mengambil hari libur dan cuti mereka yang sudah direncanakan. Semua gambar konstruksi harus lengkap 100 persen, tidak terjadi penundaan apapun terkait pengerjaan di lapangan, semua orang bekerja dengan aman dan nyaman, segalanya sesuai dengan yang diinginkan, suhu udara berkisar 70 derajat Fahrenheit, dan tidak boleh ada proses hukum pada akhir proyek (James D. Whiteside, 2006).

Akan tetapi permasalahannya adalah produktifitas sempurna tidak mungkin dicapai. Ada banyak faktor yang mempengaruhi produktifitas, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Beberapa faktor internal dapat dicegah atau diminimalisir dampaknya dengan perencanaan dan penerapan manajemen proyek yang baik, tetapi tidak demikian halnya dengan faktor eksternal seperti cuaca buruk atau peraturan setempat.

Dengan demikian produktifitas aktual sering kali disalah-pahami. Permasalahan yang muncul kemudian adalah produktifitas sering kali hanya dianggap sebagai tolok ukur kinerja pekerja. Padahal pekerja hanya memberikan sedikit pengaruh terhadap besar kecilnya produktifitas dalam sebuah proyek. Hal ini dikarenakan hampir semua pekerja memperoleh pendapatan seragam, tingkat penguasaan teknologi yang tidak jauh berbeda, jam kerja yang sama, dan fasilitas proyek yang sama.

Permasalahan lainnya dalam menentukan besaran produktifitas adalah asumsi bahwa data yang digunakan dalam menghitung besar produktifitas akan memberikan nilai produktifitas yang sama atau dapat diperbandingkan. Pada kenyataannya asumsi ini keliru karena data-data yang digunakan dalam menghitung produktifitas sangat beragam, seperti tingkat upah, jumlah volume pekerjaan, dan jumlah orang-hari kerja. Analisis dari ketiga data tersebut bisa jadi memberikan hasil yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s