Definisi Produktifitas Pekerja

Mendefinisikan produktifitas bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal ini dikarenakan produktifitas merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proyek yang paling kurang dipahami mengingat sifatnya yang sangat kompleks. Namun demikian, beberapa ahli telah mencoba mendefinisikan kata produktifitas pekerja dalam konteksnya di dunia jasa konstruksi.

Secara umum terdapat dua definisi produktifitas yang berkenaan dengan dunia jasa konstruksi. Yang pertama produktifitas didefinisikan sebagai rasio antara jumlah pekerjaan yang dihasilkan (output) dengan jumlah orang-hari kerja (input). Pada definisi kedua produktifitas diartikan sebagai jumlah pendapatan yang dihasilkan (mata uang) dibagi dengan jumlah orang-hari kerja (Schexnayder dan Mayo, 2004). Kontraktor biasanya lebih sering menggunakan definisi pertama yang digunakan sebagai acuan dalam pembuatan perkiraan biaya pekerja pada penawaran tender kontrak.

Asosiasi Insinyur Biaya Amerika (the American Association of Cost Engineers) mendefinisikan produktifitas sebagai sebuah “ukuran relatif dari efisiensi pekerja, entah itu baik maupun buruk, yang dibandingkan dengan sebuah aturan atau norma yang baku.” Sedangkan biro Statistik Pekerja Amerika Serikat (the bureau of Labour Statistic of United States of America) mendefinisikan produktifitas sebagai rasio output terhadap jumlah jam kerja para pekerja (BLS, 2000).

Salah satu tantangan dari pengertian produktifitas yang sering kita temui adalah satuan ukuran produktifitas yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari aktivitas yang dilakukan dalam sebuah proyek. Sebuah proyek struktur akan setidaknya memiliki tiga satuan produktifitas yang berbeda, yakni pada pengecoran beton diperoleh satuan m3/orang/hari; pada pekerjaan pembesian diperoleh satuan kg/orang/hari; dan pada pemasangan bekisting diperoleh satuan m2/orang/hari.

Di dalam penulisan makalah ini, penulis berpijak pada definisi produktifitas sebagai rasio antara volume pekerjaan terpasang di lapangan (output) dan jumlah orang-hari kerja (input) sebagai salah satu tolok ukur efisiensi dan efektifitas pekerja proyek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s