Gedung Frederic C. Hamilton – Museum Seni Denver

Bangunan runcing karya arsitek Daniel Libeskind ini disebut Gedung Frederic C. Hamilton dan merupakan bagian dari kompleks Museum Seni Denver yang sudah ada sebelumnya. Terinspirasi oleh vitalitas dan pertumbuhan kota Denver, gedung baru ini menjadi rumah bagi koleksi seni Modern dan kontemporer serta koleksi Kelautan dan kesenian Afrika.

“Bahan bangunan yang digunakan erat kaitannya dengan konteks yang ada serta penggunaan bahan baru yang inovatif (seperti titanium) yang bersama-sama akan membentuk ruang yang menghubungkan tradisi lokal Denver dengan abad 21,” kata Libeskind.

“Gedung ini dibuat tidak berdasarkan pada ide gaya tertentu atau mengulangi ide yang telah siap atau bentuk eksternal karena arsitektur gedung ini tidak memisahkan bagian dalam dari luar atau memberikan fasad cantik yang menciptakan pengalaman khas; melainkan arsitektur ini memiliki ikatan organik (hidup) ke masyarakat luas dan aspek-aspek dari pengalaman yang juga intelektual, emosional, dan sensual.”

KONTRAKTOR

Studio Arsitektur Daniel Libeskind yang berbasis di Berlin ditunjuk sebagai arsitek utama dalam proyek ini pada bulan Juli 2000, setelah menyelesaikan kompetisi dengan 40 arsitek lainnya. Segera setelah itu, pada bulan Agustus 2000, Studio Libeskind membentuk usaha patungan dengan Arsitek Kemitraan Davis yang berbasis di Denver untuk bersama-sama merancang Gedung Hamilton dan kompleks sekitarnya.

Pada bulan Juli 2001, perusahaan konstruksi MA Mortensen terpilih sebagai kontraktor utama. Ove Arup adalah insinyur struktural.

KONSTRUKSI MUSEUM

Pembangunan Gedung Hamilton membutuhkan sekitar 2.740 ton besi, 230.000 ft2 titanium dan 7.400 yd ³ beton. Hampir semua besi yang digunakan dibuat di AS.

Terdapat tiga balok baja seberat 550 lb/ft’ dan panjang 60ft – begitu panjangnya balok utama tersebut sehingga hanya ada satu perusahaan yang mampu membuat baja tersebut yakni di Belgia. Mortensen menggunakan program komputer 3D state-of-the-art untuk memetakan lokasi setiap batang baja sebelum dipasang. Perusahaan juga menerapkan bahan anti api pada semua baja.

Untuk membuat gedung Hamilton aman dan stabil, 116 kolom vertikal terbuat dari baja dan beton diinstal mulai dari pondasi bangunan hingga ke batuan dasar.

Ketika selesai, perpanjangan gedung baru Museum Seni Denver ini akan menjadi rancangan struktur pertama Daniel Libeskind yang berhasil selesai. Pada tahun 2003 ia terpilih untuk merancang Menara Kebebasan yang akan berdiri di atas bekas situs World Trade Center di New York. Ketika Freedom Tower ini selesai, gedung ini akan menjadi salah satu bangunan paling penting di awal abad 21.

Construction started

July 2003

Project type

Extension to existing Art Museum

Location

Denver, Colorado, USA

Estimated investment

$46 million

Completion

Third quarter of 2006

Financing

Public money ($62.5 million); donations from individuals and foundations ($23 million); endowment interest ($60 million)

Sumber:

http://www.designbuild-network.com/projects/dam/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s