Unique Christmas Traditions

 

Sementara di banyak negara perayaan Natal selalu identik dengan dekorasi pohon Natal dan rumah dengan lampu warna-warni bergemelapan, ternyata di banyak negara lain terdapat pula tradisi unik yang tiada duanya dalam merayakan Natal. Banyak orang di seluruh dunia merayakan Natal dengan cara yang berbeda dan bahkan kita bisa dibuat terkejut dengan orisinalitas dan keunikan ritual mereka.

Republik Czech – Selain diwarnai dengan gereja-gereja tua yang telah berabad-abad berdiri, terdapat sebuah ritual unik bagi warga Czech terutama kaum wanita lajangnya dalam merayakan natal. Selain membawa hadiah pada tengah malam hari Natal dan hidangan mewah penuh daging di rumah-rumah, para wanita lajang akan melakukan ritual “melempar sepatu”. Seluruh wanita lajang di negeri ini akan melakukan ritual lempar sepatu ini untuk meramalkan apakah mereka akan segera mengakhiri masa lajangnya setahun kedepan atau tidak. Mereka akan berdiri dengan punggung menghadap pintu depan rumah, melempar sepatu mereka melebihi tinggi bahu dan melihat hasilnya. Apabila hak sepatu menghadap ke pintu berarti mereka masih akan tetap melajang dalam kurun setahun ke depan, tetapi apabila ujung sepatu yang menghadap pintu, maka si wanita yang beruntung bolehlah segera mempersiapkan rencana pernikahannya.

Venezuela – Disini, dalam kurun waktu seminggu menuju hari natal – dari tanggal 16 sampai 24 Desember, dari dini hari sampai jam 8 pagi – semua jalan di ibukota Caracas ditutup bagi kendaraan. Jadi mereka yang hendak beraktifitas semua menggunakan roller-skate dan rollerblade. Biasanya masyarakat lokal akan pergi ke gereja berduyun-duyun menggunakan roller-skate ini. Sangat menyenangkan dan menyehatkan bukan?!

Austria – Di Austria orang-orang dewasa akan mengenakan pakaian “mengerikan” menyerupai Krampus. Seperti legenda selama ini, Santa akan memberikan hadiah bagi anak-anak yang telah bersikap baik, sedangkan Krampus akan menghukum anak-anak nakal. Jadi inilah kesempatan bagi orang-orang dewasa Austria untuk mengenakan kostum mengerikan terbaik yang mereka punyai untuk “menghukum” anak-anak nakal tersebut. Seringnya, di jalan-jalan kita bisa mendengar teriakan ketakutan para perempuan dan anak-anak.

Estonia – Tradisi natal disini adalah dengan mengajak seluruh anggota keluarga bersama-sama mengunjungi sauna pada malam menuju hari natal. Mungkin karena dingin kali ya?!

Slovakia – Perayaan Natal bisa jadi terkesan lebih “kacau” daripada perayaan natal di tempat lain. Para kepala keluarga biasanya akan mengambil sesendok penuh “loksa” (hidangan hari Natal yang terbuat dari roti, air dan biji-bijian), bersiap-siap mengambil posisi yang tepat untuk melempar dan dengan sekuat tenaga melempar loksa dalam sendok itu ke langit-langit rumah. Apabila loksa tersebut menempel di langit-langit rumah, berarti dia akan sukses dan sejahtera untuk setahun ke depan. Tetapi jika loksa itu tidak menempel dan jatuh ke kepala tamunya, mungkin dia akan membutuhkan usaha keras dan memperbarui CV nya. Apapun hasilnya, sering kali ritual ini berakhir dengan kericuhan saling melempar loksa dan makanan lainnya. Jadi bersiaplah dengan membawa baju ganti!

Perancis – Hari Natal di Perancis juga disebut Noel yang diambil dari ekspresi Perancis “les bonnes nouvelles” yang berarti “kabar baik”. Menurut kepercayaan setempat, petani yang membakar bongkahan kayu selama Natal hingga Tahun Baru akan mendapatkan panen yang melimpah di tahun depan. Sekarang banyak keluarga yang masih melakukan hal serupa.

Ukraina – Setiap keluarga menyediakan stew daging sehari sebelum Natal. Mereka juga menyediakan dua belas macam hidangan sebagai menu makan malam di hari natal. Anak bungsu dari keluarga akan diberi tugas melihat dari jendela apakah bintang telah muncul atau belum, sebagai tanda makan malam dimulai.

Amerika – Anak-anak biasanya akan menyiapkan sebuah kaos kaki (biasa berwarna merah), segelas susu dan sepiring biskuit untuk Santa sebelum tidur untuk merayakan hari natal keesokan harinya. Mereka berharap ada hadiah spesial dari Santa yang bisa mereka temukan di dalam kaos kaki yang telah mereka persiapkan sebelumnya.

*Well Merry Christmas All, especially to my 2 beloved sisters (try the Czech “shoe tossing” ritual)…

Have a nice Christmas Eve😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s