Tahu-Tempe Memang Ok!!

Siapa yang tidak pernah makan dua jenis makanan ini: tahu dan tempe. Ya, inilah makanan popular yang paling merakyat di Indonesia. Keduanya hampir selalu pasti kita temui di rumah-rumah makan dan warteg-warteg kecil di pinggir-pinggir jalan. Tidak hanya sebagai menu lauk-pauk saja, keduanya pun juga sering dikonsumsi sebagai makanan ringan (snack) khas Indonesia seperti tempe crispy dan tahu sumedang yang dijual di gerobak-gerobak dorong.

Tahu memiliki tekstur yang lembut, biasanya berwarna putih dengan rasa yang hampir tawar. Tahu bisa dimasak dengan cara digoreng, ditumis, dikukus, ada pula tahu fermentasi. Sedangkan tempe memiliki tekstur yang lebih kasar karena terbuat dari butiran-butiran kedelai dan juga berasa tawar. Walaupun berbeda produk, tetapi keduanya berasal dari bahan baku yang sama: kacang kedelai.

Kejadian tragedi Mei 1998 di Indonesia………. Bukan untuk dilupakan, bukan pula untuk dikambing-hitamkan. Tetapi untuk dimaafkan dan untuk diambil hikmahnya. Ini adalah momen kita untuk belajar saling memaafkan dan meminta maaf….

Tahu berasal dari Cina, sedangkan tempe asli Indonesia. Inilah dua jenis makanan yang memersatukan bangsa kita: Indonesia.

Semoga hubungan orang tionghoa dan pribumi Indonesia bisa seperti tahu dan tempe, yang sama-sama disukai oleh seluruh rakyat Indonesia.

ditulis dalam rangka memperingati tragedi mei 1998

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s