British Standard: Standar Nasional Pertama Di Dunia

Sebuah standar nasional dibuat dengan tujuan sebagai pemandu atau referensi bagi para praktisi yang terkait di dalamnya untuk lebih memahami definisi (termasuk spesifikasi), metode, dan aplikasi yang meliputi spesifikasi bahan, mutu bahan, metode pengerjaan, dan lain sebagainya. Dengan adanya standar nasional diharapkan terdapat sebuah konsistensi dalam penciptaan sebuah produk atau jasa sehingga melindungi berbagai pihak yang berkepentingan atas produk/jasa tersebut. Selain itu dengan adanya standar nasional diharapkan kinerja perusahaan akan lebih efektif dan kompetitif. Lebih dari itu, sebuah standar nasional juga sekaligus menjadi salah satu sumber peraturan/hukum yang mengikat bagi para produsen/penyedia jasa.

Standar nasional pertama yang dibuat di dunia adalah British Standard yang diciptakan oleh BSI Group (yakni Badan Standar Nasional Inggris). BSI Group sendiri berdiri sejak 1901 yang pada saat itu disebut Engineering Standard Committee, dipimpin oleh James Mansergh, dan menstandarisasikan nomor dan tipe profil baja. Seiring dengan berjalannya waktu, standar Inggris ini mulai mencakup berbagai jenis aspek keteknikan yang lebih luas, seperti sistem manajemen mutu, keselamatan dan keamanan kerja.

Saat ini BSI telah menerbitkan lebih dari 27000 standar aktif.

Beberapa contoh BS:

Kelahiran dari BS ini telah menginspirasi berbagai negara untuk memiliki standar nasional negaranya masing-masing yang tentu saja isinya telah disesuaikan dengan keunikan (baca: kebutuhan) masing-masing negara, seperti SNI, AS, Saudi Standard, dll.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/British_Standards

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s