The Peak – Gedung Apartemen Kembar Tertinggi di Dunia

 

The Peak berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta dan telah menjadi ikon kota Jakarta sebagai gedung tertinggi di Indonesia. The Peak sendiri didesain oleh DP Architects dari Singapura dan pembangunannya selesai dalam kurun waktu 5 tahun (2003-2007). Untuk konsultan strukturnya, bangunan milik Agung Podomoro Group ini menggandeng Davy Sukamta & Partner. Di bagian atasnya terdapat ruang observasi yang khusus diperuntukkan bagi para penghuni apartemen ini.

Berdiri setinggi 265 m (termasuk antena), The Peak memiliki empat menara, 2 menara kembar dengan masing-masing setinggi 35 lantai dan 55 lantai. Apartemen ini menggunakan struktur beton bertulang yang sengaja didesain dengan mempertimbangkan gravitasi, beban gempa dan angin, serta efek-efek lingkungan lainnya. Secara struktural, gedung dengan 55 lantai merupakan struktur yang ramping, oleh karena itu diperlukan solusi inovatif untuk menjamin kestabilan bangunan. Dengan rasio kelangsingan 1:8, kekakuan bangunan menjadi faktor utama dalam desain.

Menara The Peak ini sendiri telah didesain untuk menghadapi beban gempa kala ulang 500 tahunan berdasarkan SNI 03-1726-2002 dan beban angin 100 tahunan. Fasilitas dari the Boundary Layer Wind Tunnel Laboratory Canada telah melakukan uji coba perilaku bangunan terhadap angin kuat dan terbukti bahwa gedung ini merespon dengan baik. Percepatan pada lantai teratas dengan beban angin 10 tahunan sebesar 9.6 mg, jauh dibawah kriteria maksimal internasional 15 mg, untuk memastikan kenyamanan penghuni.

Dengan keunikan dan fasilitas yang lengkap, The Peak telah mencatatkan diri menjadi salah satu dari 50 Apartemen Terbaik di Dunia versi Images Publishing Australia.

Untuk lebih lengkapnya, silakan mengunjungi situs di bawah ini:

http://www.thepeak-sudirman.com/

http://en.wikipedia.org/wiki/The_Peak_Twin_Towers

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s