TEKNIK SIPIL

south view 29 okt 2

Teknik adalah istilah yang diterapkan pada profesi di mana pengetahuan tentang matematika dan ilmu alam, yang diperoleh melalui belajar, pengalaman, dan praktek, yang diterapkan pada efisiensi penggunaan bahan dan kekuatan alam. Insinyur adalah orang-orang yang telah menerima pelatihan profesional murni dan sains terapan. Sebelum pertengahan abad ke-18, pekerjaan konstruksi berskala besar biasanya terletak di tangan seorang insinyur militer. Teknik militer termasuk didalamnya adalah pembuatan peta topografi, lokasi, desain, dan pembangunan jalan dan jembatan; serta pembangunan benteng-benteng dan pelabuhan. Akan tetapi, istilah teknik sipil muncul digunakan untuk mewakili pekerjaan yang dilakukan oleh warga sipil untuk tujuan non-militer.

Teknik sipil adalah bidang keteknikan yang paling luas. Teknik sipil berfokus pada infrastruktur-infrastruktur di dunia, meliputi pekerjaan di Bidang ke-air-an, Bendungan, Pembangkit Listrik , Menara Transmisi / Jaringan Kabel, Jalan Rel, Jalan Raya, Jembatan, Terowongan, Irigasi, Kanal-kanal, Navigasi Navigasi, Kontrol Lalu Lintas, Manajemen Transportasi Massal, Bandara, Terminal, Bangunan Industri, Gedung Pencakar langit, Penyehatan Lingkungan, Pengelolaan Sumber Daya Air dan Alam, Manajemen Bencana, dll. Dari infrastruktur di atas, maka teknik sipil dapat dibagi ke dalam beberapa subdivisi yakni teknik konstruksi, teknik irigasi, teknik transportasi, mekanika tanah, teknik fondasi, teknik geodesi, teknik gempa, teknik arsitektur, hidraulika, teknik sanitasi dan lingkungan, dan teknik pantai dan lepas pantai.

Insinyur sipil membangun infrastruktur di dunia. Dalam melakukannya, mereka secara tidak langsung membentuk sejarah bangsa-bangsa di seluruh dunia. Kebanyakan orang tidak bisa membayangkan hidup tanpa kontribusi insinyur sipil dalam hal kesehatan, keselamatan dan standar hidup orang banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s