TAXIWAY

320px-F-22A_Elmendorf_AFB

Taxiway sebenarnya adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukan jalan yang menghubungkan landasan pacu dengan hangar, terminal, apron dan fasilitas lainnya. Istilah pesawat sedang ‘taxiing’ berarti pesawat sedang berjalan di area landasan pacu, baik itu saat persiapan untuk take-off maupun landing (mendarat). Jalan taxiway ini kebanyakan memiliki permukaan yang keras seperti aspal atau beton, walaupun bandar udara yang lebih kecil kadang-kadang menggunakan kerikil atau rumput. Dari sisi keamanan pesawat, jelas taxiway dengan permukaan aspal atau beton lebih diutamakan ketimbang permukaan kerikil atau rumput (ini biasa hanya untuk bandara kecil dengan tipe pesawat kecil atau helikopter saja).

Pada bandara yang ramai intensitas penerbangannya, biasa taxiway didesain khusus agar pesawat dapat segera meninggalkan area landasan pacu (take-off atau pun landing). Ini disebut desain high-speed atau rapid-exit taxiway. Tujuannya agar pesawat dapat segera meninggalkan area landasan pacu dan memungkinkan pesawat lain menggunakan landasan pacu. Tentu saja ini memerlukan perencanaan dan perancangan desain yang matang.

Perbedaan antara taxiway dengan runway adalah apabila runway ditandai dengan angka, maka taxiway ditandai dengan huruf.

Tanda-tanda di Taxiway

  • Normal Centreline. Sebuah garis kuning tunggal yang berkesinambungan yang terletak ditengah-tengah landasan, selebar 6 inci (15 cm) sampai 12 inci (30 cm).
  • Enhanced Centreline. Garis tengah yang diperpanjang ini terdiri dari garis parallel berwarna di kedua sisi garis tengah landasan. Garis tengah landasan bisa diperpanjang hingga 150 kaki (45,7 m) sebelum sampai pada tanda posisi siap-pacu.
  • Taxiway Edge Markings. Digunakan untuk menunjukan ujung landasan pacu apabila ujung landasan pacu tidak ditandai (sampai dengan) dengan ujung perkerasan. Continuous Markings. Tanda berkesinambungan terdiri dari garis kuning ganda, dengan setiap garis setidaknya selebar 6 inci (15 cm) dan berjarak 6 inci (15 cm) saling terpisah dan menunjukan ujung landasan dari bahu perkerasan atau dari permukaan beraspal lainnya yang tidak dimaksudkan untuk digunakan oleh pesawat.
  • Taxi Shoulder Markings. Taxiway, holding bays, dan apron terkadang diberikan bahu perkerasan untuk mencegah tabrakan dan erosi air. Bahu perkerasan ini tidak dimaksudkan untuk digunakan oleh pesawat terbang, dan mungkin tidak dapat memikul beban pesawat. Bahu landasan ditandai dengan garis kuning yang tegak lurus terhadap tepi landasan, dari ujung landasan ke tepi perkerasan, sekitar 10 meter.
  • Surface Painted Taxiway Direction Signs. Latar belakang kuning dengan tulisan hitam, dan diberikan bila tidak mungkin untuk memberikan tanda arah landasan pacu di persimpangan, atau bila diperlukan untuk melengkapi tanda-tanda seperti itu. Tanda-tanda ini terletak di kedua sisi tengah landasan.
  • Surface Painted Location Signs. Latar belakang hitam dengan tulisan kuning. Bila diperlukan, tanda-tanda ini melengkapi tanda lokasi yang berada di sepanjang landasan pacu dan membantu pilot dalam menunjukan jalan menuju tempat pesawat akan ditempatkan. Tanda-tanda ini terletak di sisi kanan garis tengah.
  • Geographic Position Markings. Tanda-tanda ini terletak pada titik-titik di sepanjang rute taxi dengan visibilitas rendah (ketika RVR berada di bawah 1.200 kaki (360m)). Mereka diposisikan di sebelah kiri garis tengah landasan ke arah taxi.

Lampu taxiway

180px-Taxiway-light
Untuk operasi malam, taxiway di banyak bandara dilengkapi dengan lampu, meskipun beberapa bandara kecil yang tidak dilengkapi dengan peralatan ini.

  • Taxiway Edge Lights. Digunakan untuk garis tepi taxiway selama periode kegelapan atau kondisi visibilitas terbatas. Perlengkapan ini akan meningkat dan memancarkan cahaya biru.
  • Taxiway centerline Lights. Peralatan ini tetap menyala dan memancarkan cahaya hijau yang terletak di sepanjang landasan tengah
  • Clearance Bar Lights. Tiga lampu berwarna kuning di posisi siap pacu di taxiway
  • Runway Guard Lights.
  • Stop Bar Lights.

Lampu taxiway berjarak setiap 75 kaki. Di beberapa bandara, lampu-lampu lebih berdekatan ketika di persimpangan.

Taxiway In A Nutsheel

A taxiway is a link between the runway and different areas of the airport. It is often marked with yellow lines.

(airport-technology.com)

***

Sumber: Wikipedia, various

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s